Tak lama lagi, Chinese New Year akan segera tiba. Lebih tepatnya hari Jumat ini tgl 31 Januari 2014. Chinese New Year merupakan tahun dimana semua keluarga dan kerabat etnis Tionghoa saling berkumpul dan berjumpa dengan perasaan bahagia sambil menyapa satu sama lain dengan salam Gong Xi Fa Cai (恭 禧 發 財). Salam “Gong Xi Fa Cai” artinya Selamat dan Semoga Sejahtera (Makmur). Sebuah salam keberuntungan yang tidak akan terlepas dengan pemberian dan penerimaan Hong Bao (kantong kertas merah berisi uang). Hong Bao akan diberikan oleh mereka yang sudah menikah kepada mereka yang belum, dibarengi dengan nasehat/pun doa seperti “Cepat dewasa ya!”, “Cepat dapat jodoh ya!”, “Jadi anak yang berbakti ya!”, ataupun yang lainnya. Intinya, semua orang harus dibarengi dengan perasaan bahagia. Tentu juga rasa syukur, karena kita semua dapat melewati tahun sebelumnya dengan lancar dan aman.

Tahun baru Imlek ini akan berlangsung selama 15 hari atau yang sering disebut sebagai Cap Go Meh (Malam ke-15). Sebelum memasuki tahun baru Imlek, terlebih dahulu telah dilakukan bersih-bersih rumah dan pembelian berbagai jenis kue & minuman di setiap rumah. Setelah masuk hari pertama, dilarang untuk memegang sapu & gunting. Sapu dianggap dapat “menyapu” rezeki dan gunting (alat tajam) dapat “memotong” keberutungan. Semuanya akan memakai baju celana baru. Mayoritas berwarna merah karena warna merah menandakan kebahagiaan, keceriaan, dan keyakinan akan adanya masa depan yang lebih cerah. Dilarang untuk saling berucap kata kasar dan harus saling sabar & memaafkan. Juga tidak boleh mencuci rambut dan harus melunasi segala hutang sebelum tahun baru Imlek. Selama 15 hari tersebut, ada berbagai kegiatan yang dilakukan, seperti sembahyang di rumah, doa bersama di Vihara, acara makan bersama, saling berkunjung ke rumah saudara/kerabat/teman, pelepasan kembang api, dan saling menelepon/sms untuk menyampaikan ucapan tahun baru kepada keluarga/kerabat yang berada di tempat yang jauh.

Yah, begitulah sekilas tentang Chinese New Year (CNY). Sebagai penutup, ada sebuah video berjudul “Young Hearts” yang dibuat oleh Petronas dalam menyambut CNY 2014. Kebetulan di share oleh salah satu teman (Albert Sumitio) di facebook. Thanks, bro! Video ini mengingatkanku akan sebuah pepatah yang kurang lebih seperti ini, “Don’t let go the SPIRIT of CHILD in YOU!” (Janganlah membiarkan semangat anak-anak hilang dari dalam diri kita). Begitu juga dengan kita, ketika masih muda, yah harus semangat, dan ketika sudah tua nanti, juga harus semakin semangat menjalani masa tua bersama keluarga anak cucu kita kelak. Happy Chinese New Year 2014 semuanya! Semoga kita semua senantiasa memanen keharmonisan, kesehatan, dan kesuksesan di ladang kemakmuran tahun baru ini!

Gong Xi Fat Cai, Hong Bao Na Lai! (:

Advertisements