Orang bilang kita harus fokus ngerjain sesuatu. But, I think it’s not easy to do. Terkadang saya dihadapkan dengan berbagai pilihan yang harus saya lakukan semuanya, bukan karena saya serakah tetapi saya masih belum begitu bijak untuk memutuskan mana yang harus dikorbankan dan mana yang harus dijalankan. Terkadang hidup ini bukan hanya tentang saya sendiri, tetapi juga orang lain, seperti orangtua, sahabat, ataupun orang yang dicintai. Dengan tidak semata-mata memikirkan diri sendiri, akhirnya saya tidak bisa terlalu fokus dengan apa yang ingin saya lakukan. Tetapi, itulah kenyataan yang harus dihadapi. Life is not only about me, but also about others. Pepatah bijak lain mengatakan bahwa hiduplah dengan terus memberi tanpa mengharapkan imbalan. Dengan tidak terlalu fokus, bukanlah kita tidak serius, tetapi kita juga memikirkan orang lain, dan memberikan apa yang bisa kita berikan. Mungkin, situasi ini hanya berlaku untuk beberapa kasus dan berbeda untuk setiap kondisi masing-masing. Tetapi, sungguh beruntung dapat terus melakukan sesuatu tiada habisnya setiap hari dan bisa mengatur segala aspek kehidupan dengan cukup baik. Terkadang bisa bosan dan jenuh, namun terkadang bisa sangat bersemangat. Yah, inilah hidup. Tetap semangat! (:

