Mindset itu ternyata bisa merubah persepsi kita terhadap suatu situasi. Saya pernah mendengar bahwa sebuah situasi (masalah) sebenarnya bersifat netral. Pemikiran kita sebagai manusia lah yang meresponnya menjadi positif atau negatif. Dari pengalaman pribadi, seperti saat lampu lalu lintas menyala merah, sebagian dari kita (termasuk saya) bisa merasa jengkel. Apalagi di perhentian pertama jumpa lampu merah, di perhentian berikutnya jumpa lagi lampu merah, ditambah macet, argghh bisa geram dan kesal! Itu respon yang wajar saja karena semua orang punya kepentingan masing-masing yang harus diselesaikan. Saya mencoba merubah mindset “kesal” tersebut menjadi sesuatu yang positif.

Ketika lampu merah, saya mencoba membaca sebuah buku yang telah saya bawa dari rumah. Atau, mendengar radio jika lupa bawa buku.

Kebiasaan ini terus dilakukan sampai saat ini dan mindset ini pelan-pelan berubah. Jika awalnya saya sangat ingin lampu lalu lintas terus menyala hijau, ini malah berubah sebaliknya. Saya justru ingin lampu menyala merah agar ada kesempatan berhenti untuk membaca buku. Saat menunggu orang sekalipun, daripada merasa emosi karena orang pada terlambat, lebih baik menikmati momen tersebut dengan menambah ilmu. Ini hanya sebuah pengalaman pribadi. But, this mindset really helps me a lot. Good luck!

