Aku tak tahu bagaimana mengungkapkan perasaan ini, terkecuali dengan tulisan. Yah. Suatu perasaan dimana saya sangat terkagum dengan hasil-hasil karya seni disentuh dengan kreativitas yang luar biasa. Saya sungguh semangat ketika melihat mereka berhasil menghasilkan karya yang mereka senangi, yang mereka suka, dan yang mereka nikmati. Saya merasa kreativitas itu sebenarnya tiada batas. Saya kadang bisa mengeluh, “Kayaknya tidak ada jalan lain lagi.” “Mungkin cukup sampai disini.” “Emang ada yang lain lagi? Rasanya ini sudah bagus.” Dan pemikiran-pemikiran lainnya yang sederhana namun mematikan kreativitas hidup. Ketika saya sudah menyerah dan berhenti berpikir kreatif lagi, saya mulai menampar diri saya ketika melihat sebuah kenyataan bahwa ada orang lain yang jauh lebih semangatnya menghasilkan kreativitas. Ketika saya melihat dengan “sadar”, ternyata dunia ini sangat luas, tanpa batas! Informasi berupa kreativitas maha karya orang-orang di luar sana yang penuh seni ternyata hanya segelintir pasir yang saya ketahui. Hanya melihat, saya terinspirasi begitu cepatnya hingga semangat berkobar-kobar.

Suatu hari, saya ingin seperti mereka. Pasti! Mereka mencintai apa yang mereka lakukan. Lalu, mereka menghasilkan karya. Karya mereka sungguh luar biasa dan menginspirasi banyak orang. Yang pasti, mereka tidak pernah mati dan berhenti seperti halnya karya kreativitas mereka yang akan meninggalkan jejak berkesan bagi orang-orang. Semangat belajar! Semangat berkarya!

