Halo halo halo! Sungguh kangen dengan kegiatan blogging setelah sekian abad sudah berpisah dengan blog info77 ini. Aaaaaaa! Inilah saatnya saya menyempatkan diri untuk kembali lagi. Banyak hal yang ingin saya ceritakan. Minggu per minggu yang penuh dengan momen yang berkesan. Yeah!

.

Pengaruh terbesar dalam kesibukan saya akhir-akhir ini dikarenakan persiapan skripsi bersama teman satu tim saya, Yudhistira Aditya Pratama. Kami sedang berjuang untuk menamatkan diri dalam waktu 3,5 tahun. Setengah tahun lebih cepat dari biasanya. Sebenarnya bukan itu tujuan kami. Kami sempat merasa pesimis untuk bisa mencapai hal tersebut saat memasuki hari-hari menuju deadline. Saya pribadi sudah sempat pasrah karena saya juga tidak ingin ada hal yang dipaksakan selama persiapan skripsi ini. Namun, ada suatu hal yang membuat rasa pesimis itu hilang. Dukungan dari berbagai pihak perkuliahan membuat kami optimis dan tetap berusaha untuk maju. Saya sangat merasa bersyukur atas dukungan tersebut. Walaupun sekarang bukan saatnya untuk mengucapkan terima kasih, namun saya benar-benar merasa bersyukur atas jodoh yang baik ini.

.

Yudhistira yang juga berjuang keras, membuat kami mampu mendukung satu sama lain. Rasa optimis ini juga tidak mudah kami pertahankan, proses persiapan skripsi yang kadang kala penuh tekanan dan rintangan menjadi tantangan yang harus kami alami dan hadapi setiap hari. Ada saatnya kami berdua bisa tertawa, namun ada saatnya muka kami pucat tak berdaya. Kami yakin, tantangan ini masih akan berlanjut sampai masa sidang yang tidak akan lama lagi. Saya hanya berharap, semua ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Semoga semua pihak dapat senantiasa mendukung kami dan kami tetap mampu memberikan yang terbaik. Saya yakin usaha dan pengorbanan yang kami lakukan selama ini tidak akan mengecewakan siapapun, termasuk diri kita sendiri.

.

Di lain sisi, setelah menyelesaikan skripsi ini, saya akan mulai membantu mama saya membuka usaha. Walaupun jauh dari bidang yang saya tekuni dalam perkuliahan, saya ingin membantu mewujudkan impian mama saya yang selama ini telah dipendamnya bertahun-tahun. Mama ingin membuka usaha namun tidak ada dukungan yang bisa membantunya. Hanya saya yang menjadi satu-satunya harapan mama. Jika target 3,5 tahun bisa tercapai, saya pun dapat menjalin jodoh yang baik untuk mewujudkan impian mama saya. Saya percaya, pengorbanan saya ini tidak akan sia-sia walaupun saya harus mengorbankan kepentingan pribadi saya. Semoga ini berjalan sesuai harapan, mendukung impian mama.

.

Tak lupa, saya bersyukur atas kesehatan kakek saya yang kemarin pernah masuk rumah sakit karena kondisinya yang mulai parah. Beliau sudah sembuh dan mampu beraktivitas kembali, mengunjungi rumah untuk saling bercakap dengan anak dan cucunya, termasuk saya. Mengobrol dengan orang tua kadang bisa mengubah persepsi akan kehidupan. Kakek sempat menyadarkan saya akan berharganya masa muda. Kakek banyak menginspirasi saya walaupun beliau tidak menyadarinya. Terutama ketika kakek tidak berdaya berbaring di rumah sakit, kondisi tersebut mulai membuat saya memandang lebih jauh mengenai arti kehidupan dan masa yang akan saya tempuh nantinya, yaitu masa tua. Mungkin ini masih jauh dan tidak begitu penting untuk saya pikirkan saat ini, namun satu hal yang pasti, suatu saat saya akan memasuki masa tersebut. Ntah kenapa saya mempunyai pemikiran seperti itu. Yah, inilah pembelajaran yang saya dapatkan selama ini.

.

Tak lupa, kegiatan organisasi yang tetap menjadi tanggung jawab saya sebagai aktivitis remaja. Pemikiran yang terbenam di benak saya dan mental yang saya dapatkan selama ini juga sangat dipengaruhi oleh pembelajaran-pembelajaran yang saya dapatkan selama menjadi aktifivis remaja dalam organisasi BLIA YAD Indonesia dan BITSMIKRO. Mulai dari prinsip hidup, pengalaman, cara berpikir, kedewasaan dalam berpikir dan bertindak, pelatihan diri, karakter, kedisiplinan, tanggung jawab, komunikasi, pemahaman akan kehidupan, dan segala hal yang saya dapatkan tidak akan saya sia-siakan untuk menghadapi segala rintangan dan tantangan dalam kehidupan. Sebuah pendidikan non-formal yang sungguh berkesan. Terutama, tanggung jawab besar yang saat ini sedang dipegang adalah Wishing Candle 2013 sebagai ketua panitia acara. Bekerja sama dengan para panitia dan volunteer serta member BLIA YAD Indonesia membuat saya menjadi semakin semangat dalam menyukseskan acara ini. Jodoh yang baik, bantuan dari segala pihak juga menjadi motivasi untuk terus berjuang.

.

Yah. Satu pembelajaran yang paling saya dapatkan dari semua ini adalah pengorbanan. Saya sempat susah sekali untuk fokus dengan segala tanggung jawab saya ketika persiapan skripsi ini, baik sebagai anak dalam keluarga dimana saya perlu membantu adik dan orangtua dalam menjalani berbagai tanggung jawab di rumah, kemudian sebagai teman dalam menjalin persahabatan antar sesama,  hobi dan bakat yang senantiasa perlu saya latih dan jalankan, berbagai projek freelance yang ingin saya kerjakan, dan aktivis organisasi yang membutuhkan peran saya dalam berbagai aktivitas, baik acara besar ataupun kegiatan muda-mudi lainnya seperti YoSH! dan Sunday Class BLIA YAD Indonesia. Saya terpaksa harus mengorbankan beberapa hal untuk dikerjakan nanti (alias pending) dan beberapa yang harus saya selesaikan dengan cara lembur. Mau gak mau ini memang harus saya lakukan. Tanggung jawab tetap harus menjadi tanggung jawab dan saya terus berusaha untuk menyelesaikan tanggung jawab yang ada, tanpa bermaksud untuk mencari alasan atau melemparkan tanggung jawab kepada orang lain. Saya akan melakukan yang terbaik. Harus, karena masa muda merupakan saatnya untuk melatih hal tersebut.

.

Sekali lagi, terima kasih kepada semua pihak dan jodoh yang baik ini. Dukungan yang tidak akan pernah saya lupakan. Dukungan yang sangat berarti serta motivasi yang terus memercik semangat saya. Semoga hubungan yang baik ini senantiasa terjalin dan kehidupan kita semua dapat menjadi lebih baik dari sekarang. Tetap semangat! Bukan hanya saya, tapi kamu juga ya! Ayee!

.

.

Baca juga:

LEKAS SEMBUH YA, KAKEK!

KOMUNITAS BIBIR INDONESIA (2)

DUA PEMBELAJARAN DI MUSIM SAKIT

Tetap semangat !!!

Terima kasih papa

