Okee, lanjut lagi yah! Ada 3 foto yang berhubungan dengan judul artikel ini yaitu Karma atau Cause & Effect, sebuah hukum sebab akibat yang berlaku secara umum (lebih tepatnya universal) terhadap apapun yang kita perbuat, itulah yang akan kita terima. Sempat speechless melihat foto ini karena yah kadang saya gak percaya bahwa karma itu benar-benar terjadi, tapi pengalaman demi pengalaman, saya berani mengatakan bahwa karma itu memang ada.

Jika hukum karma itu memang ada, maka tidak ada gunanya membalas dendam. Hukum Karma yang akan melakukannya. Terkadang kita bisa sangat benci dan dendam dengan seseorang, tapi tidak ada gunanya kita membalasnya dengan semua hal menyakitkan yang telah diperbuat terhadap kita. Yah, buang nafas dan biarkan saja. Maafkan jika bisa. Memang ini terlihat easy secara teori, tapi kapan lagi kita bisa mempratekkannya jika tidak dimulai dari diri kita sendiri dan terhadap orang-orang di sekitar kita?

Pengalaman saya pribadi, jika ada orang yang pernah menyakiti saya (baik sengaja ataupun tidak), saya hanya punya satu mindset “Semoga saya tidak seperti orang tersebut. Terima kasih telah mengingatkan saya. Saya pun tidak akan melakukan hal yang sama menyakitkannya terhadap orang di sekitar saya kelak.”

Lambat laun, mereka tidak selalu terbayang lagi di pikiran kita. Bukannya kita tidak peduli dengan mereka, tetapi kita masih belajar mengembangkan benih positif dalam diri kita. HoHo. Okee, sampai sini saja sharing tentang Karma. Semoga foto ini berkesan yah! HaHa.

Baca artikel jadul di bulan:

> November tahun 2010

> November tahun 2011

