Beberapa minggu belakangan ini memang cukup santai karena kegiatan perkuliahan yang baru memasuki tahap awal pembelajaran, apalagi jadwal kuliah hanyalah 3 hari dalam seminggu. Jadi, memang saat itulah saya bisa cukup fokus dengan kegiatan organisasi (apalagi saat saya harus menjadi pembicara 1,5 jam, dimana hal tsb merupakan pengalaman pertama yang sangat menantang bagi saya!). Ternyata oh ternyata, rasa santai ini mulai menjauh. Walaupun saya hanya kuliah 3 hari seminggu, ternyata mata kuliah yang saya hadapi ini bakal menyita waktu dan tenaga (plus pikiran) untuk menyelesaikan projek-projek yang wah dan fiuh. Apalagi saya (bersama Yudhistira) harus menyelesaikan TA kami dalam semester ini, lebih tepatnya hanya 6 bulan!

Saya hanya punya sebuah mindset. “Akhirnya, momen seperti ini muncul lagi dalam hidup saya dimana berbagai tantangan berkumpul dan datang bersamaan, dan saya harus menyelesaikannya satu per satu! Mungkin ini tidak adil karena ketika saya punya tanggung jawab lain di luar, malah saya harus dihadapkan dengan situasi seperti ini. Saya tidak bisa santai lagi dan saya tidak bisa menikmatinya untuk saat ini. DAN ternyata oh ternyata, hidup ini memang adil. Saya tidak bisa seterusnya santai, ada kalanya saya harus sibuk sekali sampai mengorbankan waktu dan tenaga yang super menguras kesadaran saya.”

Anda dan sebagian orang mungkin akan mengalami perasaan yang sama seperti perasaan saya saat ini. Mungkin sudah pernah, sekarang, ataupun yang akan datang, Anda akan menghadapi kondisi ini. Saya hanya berharap dan berdoa, semoga beberapa bulan ke depan ini, KESEHATAN dan SEMANGAT senantiasa mendampingi kita semua. Memanfaatkan waktu yang ada semaksimal mungkin.

Yah, pengorbanan ini memang pantas dilakukan. Saya yang memulai semua ini dan saya jugalah yang harus menyelesaikan semua ini. Anda juga kan? HeHe

TETAP semangat yah! ◕‿◕

