Melepas tanggung jawab dan kegiatan rutin selama 10 hari tidak akan merubah hidupku 100% karena bagaimanapun juga saya tidak akan pernah terlepas dari kedua hal tersebut. Pendidikan S1 saya yang memasuki alam TERDAHSYAT yaitu SKRIPSI, dan kegiatan rutin seperti organisasi, blogging, keluarga, teman, sosial, dan hobbi yang memasuki alam TERSIBUK dalam tahun ini yang WAH banget. Jadi, satu kata yang paling tepat untuk mengatasi alam TERDAHSYAT dan alam TERSIBUK itu adalah fokus.

 ▼

Tapi jujur saja, itu tidak gampang dilakukan. Saya yakin, hidup saya dan hidup Anda tidak akan jauh beda dimana kita tidak serta merta hanya mengurus satu hal saja. Kita punya banyak hal yang perlu kita urus, yang perlu kita lakukan, yang ingin kita capai, yang ingin kita pertahankan, yang ingin kita hilangkan ataupun tambahkan, dan segala hal yang cukup beragam muncul dalam momen-momen kehidupan kita –  setiap waktu – setiap saat.

 ▼

Walaupun saya menyadari bahwa FOKUS itu tidak gampang dilakukan, namun itulah yang harus kita lakukan, yang harus kita usahakan. Ada beberapa hal yang bisa diberikan status PENDING alias TUNDA untuk sementara waktu agar hal lain bisa kita selesaikan terlebih dahulu. Terkadang kita bisa berkata dalam hati, “Ngapain ditunda? Kalau bisa dilakukan dalam waktu bersamaan alias sambilan kan bisa juga. Toh, tidak ada rugi apa-apa.”

 ▼

Tapi, itu semua tergantung dengan yang digantung. HaHa. Jika kita merasa ada hal yang bisa ditunda terlebih dahulu, maka tundalah itu. Namun, jika hal tersebut benar-benar tidak bisa ditunda, pertahankanlah. Intinya, janganlah serakah dimana semua hal ingin kita lakukan dalam waktu bersamaan. Bukannya semakin baik, malah masalah bisa lebih bertambah rumit. So, it depends on your environment, capability, and management skill.

Jiayouuu!

Advertisements