Saya menyadari kesalahan yang saya perbuat semalam. Oh, hari #9 yang telah membuat hidupku tawar. Saya mencoba mengubah mindset-ku saat hendak pergi mengajar. Saya mandi sambil bernyanyi riang. Menikmati aliran air terasa membersihkan segala tekanan batin pikiranku. Kemudian, mengendarai mobil sambil menikmati alunan musik tanpa peduli dengan kemacetan yang ada. Terkadang, membawa buku selama perjalanan dimana bisa dibaca saat macet ataupun lampu merah. Saat mulai mengajar, saya menuliskan “4 Days Left – Do Your BEST”. Yah, tak terasa tinggal 3 hari lagi saya bisa menjadi guru mereka. Sungguh sayang jika saya tidak menghargai hari-hari terakhirku bersama mereka.

.

Target belajar yang harus dipersiapkan mereka telah saya tulis di depan.

P5 (Primary 5): English & Mate

P6 (Primary 6): Science & English

Kira-kira seperti itu. Mereka sempat ribut. Sebenarnya saya ingin marah besar tapi saya coba cara berbeda. Saya menghukum mereka dengan cara DIAM tapi MENGHANYUTKAN. Satu per satu murid saya yang ribut dan mengganggu, saya tarik mejanya menjauhi meja murid lainnya. Singkat katanya: ISOLASI TEMPAT. Ada yang mejanya langsung saya dekatkan ke dinding sehingga murid tsb belajar sambil menghadap dinding. Ada yang saya tarik sampai sudut ruangan sehingga murid tsb benar-benar tersudutkan.

.

Saat itu, ada 3 murid saya yang kena hukuman cara DIAM tapi MENGHANYUTKAN itu. Suasana lebih tenteram dan cara ini memang berhasil. Lagi lagi, saya memberi motivasi tambahan nilai kepada mereka yang cepat selesai menghapal ataupun mengerjakan tugas. Awalnya mereka tidak tahu bahwa saya akan memberi tambahan nilai tsb karena saya tiba-tiba saja menuliskan tambahan poin setelah satu murid selesai. Murid yang lain terkejut dan semakin antusias belajar.

.

Saya menyempatkan diri untuk mengajar menggambar. Mereka sangat senang! Walaupun hanya 10 menit saja sesi menggambar, tapi bagi mereka itu merupakan sesi yang paling menyenangkan dan paling ditunggu-tunggu. Tanpa saya suruh, dengan cepatnya mereka menyimpan semua buku pelajaran dan telah standby dengan buku menggambar mereka. Tema gambar kali ini adalah “Fantasy Earth” dimana sebuah bola dunia terisi dengan segala fantasi yang kita imaginasikan. Kita bisa menaruh apapun di sekeliling bola dunia tsb.

.

Sesi menggambar terpaksa harus dihentikan karena mereka harus melanjutkan sesi Mandarin bersama guru lain. Semenjak ada sesi menggambar yang selalu terganggu oleh sesi Mandarin, mereka menjadi kesal dengan pelajaran Mandarin. HaHa. Mereka benar-benar kelihatan mengeluh dan ada yang sampai mengatakan, “I hate Mandarin!”. Mereka memang polos. Saya semakin menyadari bahwa menggambar merupakan sesuatu yang menyenangkan, baik untuk saya sendiri maupun murid saya.

.

Tiga hari lagi saya bisa menjalin hubungan dengan mereka. Saya ingin ada satu sesi foto bersama dengan mereka. Saya juga ingin mengambil foto hasil menggambar mereka selama ini untuk dijadikan dokumentasi mengajar saya di blog info77 ini.

.

Pembelajaran yang saya dapatkan hari #10 tsb adalah sebuah “mindset positif” yang sangat berpengaruh dalam keseharian hidup yang kita jalani. Saat kita berusaha mengubah mindset positif kita, hal-hal positif di sekitar kita akan lebih mudah kita sadari keberadaannya. Yang negatif sekalipun walaupun ada di depan mata kita, itu tidak akan berpengaruh lagi.

.

Selamat ber-mindset positif!

(:

.

