Yah, hari #4 merupakan hari yang paling berkesan sejauh ini. Suasana mengajar terasa lancar. Tidak ada Homework. Semuanya menyelesaikan Practice nya dengan baik dan lumayan cepat. Akhirnya sesi Learn Something New lagi lagi menjadi dorongan mereka buat belajar lebih cepat. Ada yang sampai bertanya, “Sir, can we draw Spiderman?”. Saya melakukan sistem voting mengenai karakter apa yang akan digambarkan nanti. Finally, voting terbanyak jatuh pada karakter Iron Man. Saya pun mengajari mereka step by step dan mereka mengikutinya. Mereka cukup aktif saat sesi ini. Ada yang bertanya, ada yang memberikan pendapat, dll. Intinya, mereka boleh mengikuti apa yang saya gambarkan, namun boleh juga menggambar dengan gaya mereka masing-masing alias kreativitas tidak dibatasi.

 .

Saat itu, saya menggambar Iron Man yang akan menembakkan laser ke seekor kelinci bersayap. Iron Man berkata,”Please give me your carrot!”. Kelinci bersayap menjawab, “But but, I don’t have it.”

 .

Itulah story dari gambar yang saya buat di whiteboard. Mereka boleh membuat story tersendiri dari gambar tsb. Saat sesi selesai, saya mengakhirinya dengan sebuah pernyataan. Ke depannya, bagi yang mengerjakan Homework dan Practicenya dengan baik, tidak ribut dan tidak nakal, maka dia berhak menentukan karakter apa yang akan kita gambarkan nanti. Kamu tentu tau apa tujuan dari pernyataan ini. Ya, untuk memotivasi mereka (:

 .

Saya coba untuk tidak memberikan hukuman, namun dengan sebuah motivasi sederhana. Saya cukup puas dengan sesi menggambar pada hari #4 tsb. Salah satu murid saya bertanya, “Sir, why don’t you open a private course which teach us drawing, Sir?” Saya pun menjawab, “SIA doesn’t have any subject about drawing so no problem. I already teach you now here.”

 .

Yah, cukup terharu saat mereka mengajukan pertanyaan sederhana tsb. Satu hal yang bisa saya pelajari dari sifat anak-anak adalah ketulusan hati mereka. Terkadang kita yang sudah remaja ataupun dewasa bisa lupa akan berharganya sebuah hati yang tulus.

 .

Okay. Let’s see apakah cara motivasi tsb akan berjalan atau tidak di hari #5.

Have a great day!

Jiayouuu!

 .

Baca artikel sebelumnya:

#1 Experience as SIA Teacher

#2 Experience as SIA Teacher

#3 Experience as SIA Teacher

.

Advertisements