Hati nurani kita akan memberitahukan
Apakah kita orang yang baik atau jahat,

Kita tidak perlu bertanya apa akibat dari kesialan ataupun keberuntungan,
Tidak akan ada pelarian dari

Hukum sebab akibat,
Itu hanya masalah waktu

Sebelum akibat-akibat itu datang menghampiri

.

Hati nurani kita akan memberitahukan apakah kita orang yang baik atau jahat.” Yang lain tidak akan dapat memberitahu apakah kita benar-benar orang yang baik atau jahat, tetapi kita sendiri yang tahu. Dan juga, Surga dan Bumi akan tahu. Kita tidak akan lepas dari sebab dan akibat.  Jadi, “Kita tidak perlu bertanya apa akibat dari kesialan ataupun keberuntungan”. Jika kita benar-benar ingin mengerti apa sebab dari hal tersebut, kita tidak perlu bertanya pada yang lain. Yang perlu kita lakukan adalah bertanya pada diri kita sendiri. Kita memetik apa yang kita tanam. Kita menanam ‘sebab’ dan memetik ‘akibat’ nya. Ada puisi kuno mengenai akibat ini:

.

Jika kita ingin tahu sebab dari kehidupan kita yang lalu,
Kita sedang hidup di dalam akibat dari sebab tersebut
Jika kita ingin tahu kehidupan kita yang bagaimana di masa depan,
Hal yang perlu kita lakukan adalah melihat apa yang kita lakukan sekarang.

.

Beberapa orang memiliki kebimbangan terhadap hukum sebab akibat. Mereka melihat beberapa orang yang sangat baik jatuh ke dalam situasi yang sulit, sedangkan beberapa orang jahat tidak dihukum dan kelihatannya semua berpihak pada mereka. Apa yang mereka tidak tahu adalah bahwa itu adalah proses dari sebab dan akibat.

.

Kenapa beberapa orang baik berada dalam situasi yang sulit? Alasannya adalah mereka belum menghabiskan karma buruk mereka yang berasal dari kehidupan lalu. Hal tersebut layaknya membayar hutang lama. Lalu kenapa  orang kejam menikmati hidup yang enak? Alasannya adalah mereka belum menghabiskan karma baik mereka yang berasal dari kehidupan lalu. Hukum sebab dan akibat memiliki 3 rentang kehidupan: masa sekarang, masa lalu, dan masa depan.

.

Tidak akan ada pelarian dari hukum sebab akibat, itu hanya masalah waktu sebelum akibat-akibat itu datang menghampiri.” Beberapa tumbuhan menghasilkan buah setiap tahunnya. Jika kita menanam tumbuhan tersebut di musim semi, maka kita dapat memanennya di musim panas; beberapa karma akan berlaku di kehidupan ini. Beberapa tanaman memerlukan 2 tahun untuk menghasilkan buah; beberapa karma memerlukan 2 proses kehidupan untuk berlaku di saat itu. Beberapa tanaman memerlukan beberapa tahun untuk menghasilkan buah; beberapa karma memerlukan beberapa kehidupan untuk berlaku di saat itu.

.

Tidak ada sesuatu yang pasti dalam hukum sebab dan akibat; itu hanya persoalan waktu. Saya hanya ingin menawarkan sebuah nasehat. Orang baik tidak perlu frustasi atas buah yang didapat dari perbuatan baiknya. Orang jahat tidak perlu merasa beruntung karena tidak bisa tertangkap. Saat waktu telah tiba, tidak akan ada pelarian dari hukum sebab dan akibat.

.

… (bersambung)

.

.

Baca juga :

Cloud & Water (1)

.

Advertisements