Itulah kalimat yang mewakili hidup di masa muda saya sekarang ini. Terkadang saya merasa masa muda juga bisa menjadi masa kehancuran yang tadinya EMAS menjadi suatu sampah yang berserakan di lingkungan masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan. Lingkungan memang mempengaruhi kualitas hidup kita di masa muda. Apalagi di zaman sekarang ini, cobaan dari hal-hal negatif sungguh banyak, mulai dari pergaulan yang tidak baik, gaya hidup yang ikut-ikutan dan serba modern, dan penggunaan teknologi yang mengarah ke arah yang tidak baik. Pengunaan facebook dan twitter yang berlebihan seakan merasa hidup ini tidak ada kegiatan lain lagi selain “terhipnotis” meng-update status dan saling berbalasan komentar tanpa memandang detik-detik jam yang berjalan terus tanpa henti.

Kesadaran akan pentingnya masa muda sebagai EMAS hanya akan dipandang oleh segelintir kaum muda-mudi yang sedang mengejar impiannya. Mendalami bahasa asing, mengikuti perlombaan dan pelatihan skill tertentu seperti mengolah foto dengan photoshop, menyalurkan hobinya sebagai MC, penyiar radio, photographer dan hobi-hobi unik lainnya, terjun di dunia sosial dan organisasi, fokus pada perkuliahan dan mendalami suatu ilmu, membangun bisnis sendiri, saling berbagi informasi antar sesama maupun sampai go internasional, dan banyak lagi kegiatan positif lainnya yang bisa kita lakukan jika kita MAU dan ada TEKAD.

Yah, tadi saya sempat menyinggung tentang lingkungan. Lingkungan memang mempengaruhi kehidupan kita. Coba bayangkan suatu gelas yang diisi dengan air keruh sedangkan didalamnya kita masukkan suatu emas. Tidak akan terlihat bahwa emas tersebut berada di dalam gelas karena orang tak tahu bahwa air keruh sedang menutupi emas tersebut. Kita tidak menyadari dan kita juga tidak dapat berbuat apa-apa selain mengganti air keruh tersebut menjadi air yang bersih ATAU tanpa membuang air keruh tersebut, kita tuangkan lagi air bersih. Lambat laun air keruh pun berubah menjadi air bersih dan EMAS pun tak lama akan terlihat.

Itulah EMAS dalam diri kita. Jika lingkungan kita semakin membuat EMAS kita semakin tertutupi, cobalah mencari lingkungan yang lebih baik. Lingkungan positif yang bisa mendukung EMAS diri kita semakin memancarkan sinarnya. Terkadang air keruh tersebut bukan hanya sebagai lingkungan, tetapi rasa jenuh kita juga bisa menjadi lingkungan yang buruk bagi kita. Pernahkah Anda merasa jenuh? Merasa frustasi sampai tidak tahu harus berbuat apa? Merasa tertekan dan kesal dengan semua hal di sekitar Anda? Semua orang akan mengalaminya suatu saat dan di saat itulah Anda akan dilatih. TIPS buat Anda yang sedang mengalami hal tersebut.

Coba cari foto, video, dan lagu yang bisa membuat perasaan Anda semakin semangat, semakin positif, dan semakin merasa bersyukur dengan kehidupan Anda. FOto bisa berasal dari hasil jepretan bersama teman-teman dan keluarga kamu, video bisa berasal dari video motivasi yang positif dan bisa membuat kamu terharu, dan lagu bisa berasal dari lagu-lagu yang bernuansa HIGH sehingga membuat kamu semakin mengebu-gebu menghadapi hidup.

Yah, Anda pasti bisa melewatinya dan ketika Anda menyadari bahwa masa MUDA adalah masa EMAS, Anda akan semakin optimis dan bersemangat dalam menjalani hidup. Semakin mensyukuri dan menghargai hal-hal di sekitar Anda akan menjadi kekuatan di masa MUDA kita.

 

(:

Advertisements