Waktu telah menunjukkan pukul 18:00 dimana setelah 2 jam saya berada sendirian di kantor BITS Mikroskil untuk mencari bahan kuliah dalam mata kuliah Riset Teknologi Informasi. Yah, cukup melelahkan menatapi laptop dan membaca segala tulisan yang ada didalamnya. Beruntung karena topik yang saya cari cukup menarik, itu membuat saya segan jika harus melepaskan pandanganku terhadap topik tersebut, yang dinamakan Managemen Pengetahuan / Knowledge Management (KM).

 

Knowledge Management (KM) ini sedang saya pelajari karena KM ini biasanya diterapkan dalam suatu perusahaan ataupun organiasasi. Berhubung lingkungan saya yang mayoritas adalah suatu organisasi, saya rasa topik ini cukup menarik untuk dieksplorasi dan ini akan menjadi suatu hal yang berguna jika saya bisa menerapkan KM ini di lingkungan saya.

 

Pembelajaran ini tentu bersifat otodidak (belajar sendiri) dan satu-satunya referensi yang saya gunakan adalah ebook yang saya dapatkan melalui hasil google-ing.

 

Yah, perkuliahan saya di Semester 4 ini semakin hari semakin menantang. Bahan yang cukup banyak ditambah tugas yang dilontarkan oleh dosen membuat saya harus benar-benar mengatur waktu saya dengan baik dan efisien. Belum lagi, saya yang mengambil 2 (dua) mata kuliah tambahan di semester atas yaitu semester 6 (Riset Teknologi Informasi) dan semester 8 (Etika Profesi).

 

Terkadang merasa ini suatu masalah dalam perkuliahan, namun terkadang inilah yang membuat saya semakin bersemangat untuk menghadapi masalah ini, yang saya anggap ini merupakan tantangan hidup saya. Masalah-masalah inilah yang benar-benar bisa menilai sejauh mana “kedisiplinan hidup” yang telah kita terapkan selama ini.

 

Hidup selalu ada masalah. Tidak berbuat apa-apa dan hanya tidur seharian di rumah juga merupakan masalah. HaHa..

 

Jadi, memang tetap kembali terhadap diri kita masing-masing lagi, bagaimana kita menanggapi masalah tersebut. Sejauh mana kedisiplinan hidup yang kita jalani sekarang ini. Apakah kita masih bisa malas-malasan sedangkan pekerjaan kita sudah menumpuk? Apakah kita masih bisa bergosip sedangkan ketika disuruh bicara di depan aja masih malu-malu? Apakah kita sering mengkomplain orang untuk disiplin sedangkan kita sendiri masih sering melanggarnya? Apakah kita masih sering menyuruh orang sedangkan disuruh saja pun keberatan dan merasa harga diri direndahkan?

 

Yah..

Mari kita renungkan bersama..

(:

 

Perlu meningkatkan "kedisiplinan diri" yang semakin hari semakin kita lupakan dan abaikan. Yah, memang tidak gampang untuk merubah kebiasaan, namun satu hal yang perlu kita tanyakan ke diri kita, "Jika tidak sekarang diubah, mau kapan lagi?"
 
 So, jiayo !
 Have a good day, guys !
 (:
